KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM (KPI)

 

VISI-MISI PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM (KPI)

VISI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM (KPI)

Menjadi jurusan komunikasi dan penyiaran islam yang unggul berbasis digital dan kearifan lokal dalam bidang tri darma perguruan tinggi dan kelembagaan di tingkat asean pada tahun 2040

MISI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM (KPI)

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di bidang komunikasi dan penyiaran islam yang unggul berbasis digital dan kearifan lokal
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang komunikasi dan penyiaran islam yang unggul, kolaboratif, dan kompetitif berbasis digital dan kearifan lokal di tingkat nasional dan asean
  3. Melaksanakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang unggul berbasis digital dan kearifan lokal
  4. Mewujudkan tata kelola jurusan komunikasi dan penyiaran islam yang unggul, akuntabel, dan transparan berbasis digital dan kearifan lokal.
  5. Memperluas kerjasama dan kemitraan tingkat lokal, nasional, dan asean di bidang komunikasi dan penyiaran islam dalam peningkatan tri darma perguruan tinggi

 

TUJUAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM (KPI)

  1. Lahirnya lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang komunikasi dan penyiaran islam yang berakhakul karimah, terampil memanfaatkan teknologi digital dan mengintegrasikannya dengan kearifan lokal, berdaya saing pada tingkat nasional dan asean.
  2. Terpublikasinya karya dan produk ilmiah di tingkat lokal, nasional dan asean yang kontributif bagi masyarakat dan pengembangan keilmuan dalam bidang komunikasi dan penyiaran islam.
  3. Terpublikasinya karya dan produk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di tingkat lokal, nasional dan asean dalam bidang komunikasi dan penyiaran islam.
  4. Terwujudnya tata kelola jurusan komunikasi dan penyiaran islam yang akuntabel, beretika, berbasis digital, berorientasi kepada komitmen mutu dan pelayanan prima serta berkearifan lokal.
  5. Terjalinnya kerjasama dan kemitraan pada tingkat lokal, nasional dan asean untuk peningkatan tri dharma perguruan tinggi.

 

SASARAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM (KPI)

  1. Meningkatnya kualitas dan kuantitas sumber daya dosen di bidang ilmu komunikasi dan penyiaran islam
  2. Meningkatnya kompetensi tenaga kependidikan di lingkungan jurusan komunikasi dan penyiaran islam
  3. Meningkatnya jumlah mahasiswa jurusan komunikasi dan penyiaran islam
  4. Meningkatnya prestasi mahasiswa jurusan komunikasi dan penyiaran islam baik akademik maupun non akademik
  5. Meningkatnya keterampilan mahasiswa jurusan komunikasi dan penyiaran islam melalui kegiatan pengembangan minat dan bakat
  6. Meningkatnya akses beasiswa bagi mahasiswa jurusan komunikasi dan penyiaran islam
  7. Mahasiswa jurusan komunikasi dan penyiaran islam lulus tepat waktu dengan masa studi maksimal 4 tahun
  8. Lahirnya lulusan yang unggul di bidang komunikasi dan penyiaran islam
  9. Terlaksananya kurikulum kualifikasi nasional indonesia-merdeka belajar kampus merdeka (kkni-mbkm) pada jurusan komunikasi dan penyiaran islam dengan lembaga mitra
  10. Terwujudnya suasana akademik di jurusan komunikasi dan penyiaran islam yang berorientasi pada penguatan sikap, pengetahuan dan keterampilan baik di kalangan dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa
  11. Meningkatnya sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan akademik dan non akademik di lingkungan jurusan komunikasi dan penyiaran islam
  12. Meningkatnya kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi baik dosen maupun mahasiswa di jurusan komunikasi dan penyiaran islam
  13. Meningkatnya kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat (pkm) serta publikasi hasil pengabdian kepada masyarakat baik dosen maupun mahasiswa di jurusan komunikasi dan penyiaran islam
  14. Betambahnya kerjasama kemitraan tingkat lokal, nasional dan asean dibidang komunikasi dan penyiaran islam bagi peningkatan tri darma perguruan tinggi
  15. Meningkatnya otonomi pengelolaan anggaran/kegiatan jurusan komunikasi dan penyiaran islam

STRATEGI PENCAPAIAN VISI-MISI

  1. Strategi untuk misi menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di bidang komunikasi dan penyiaran islam yang unggul berbasis digital dan kearifan lokal Update kurikulum secara berkala sesuai dengan kebutuhan pasar berbasis kearifan lokal dan teknologi digital
  • Peningkatan kompetensi dosen dan tendik
  • Mengadakan prasarana digital dalam pelayanan akademik
  • Pemanfaatan prasarana digital dalam pelayanan akademik secara optimal
  • Meningkatkan kualitas alumni yang terukur (masa studi, masa tunggu kerja, dan kepuasan pengguna lulusan)
  • Memberdayakan alumni terbaik dengan memberikan bantuan pendidikan lanjutan
  1. Strategi untuk misi melaksanakan penelitian dalam bidang komunikasi dan penyiaran islam yang unggul, kolaboratif, dan kompetitif berbasis digital dan kearifan lokal di tingkat nasional dan asean
  • Menambah penelitian kolaboratif antar-perguruan tinggi di tingkat asean
  • Menambah penelitian yang memanfaatkan teknologi digital / mutakhir
  • Menambah penelitian tentang isu-isu strategis dalam kajian komunikasi
  • Mengintegrasikan kearifan lokal dalam topik penelitian komunikasi
  • Meningkatkan jumlah publikasi ilmiah di platform-platform bertaraf nasional dan internasional
  • Menambah penelitian yang melibatkan mahasiswa

  1. Strategi untuk misi melaksanakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang unggul berbasis digital dan kearifan lokal
  • Meningkatkan kualitas dan menambah pengabdian kepada masyarakat (pkm) kolaboratif antar-perguruan tinggi di tingkat asean
  • Menambah pkm yang memanfaatkan dan menghasilkan teknologi digital / mutakhir
  • Menambah pkm berbasis penelitian tentang isu-isu strategis dalam kajian komunikasi
  • Mengintegrasikan kearifan lokal dalam kegiatan pkm
  • Mempublikasikan hasil pkm di platform-platform bertaraf nasional dan internasional
  • Menambah pkm kolaborasi antara dosen dan mahasiswa
  1. Strategi untuk misi mewujudkan tata kelola jurusan komunikasi dan penyiaran islam yang unggul, akuntabel, dan transparan berbasis digital dan kearifan lokal
  • Mewujudkan manajerial jurusan kpi yang memberikan kemudahan akses kepada seluruh sivitas akademika
  • Menambah jumlah sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan penerima layanan
  • Mewujudkan sistematika tata kelola yang ideal
  • Mewujudkan tata kelola yang berbasis artificial intelligence
  • Mewujudkan sistem pendataan manajemen yang terintegrasi
  1. Strategi untuk misi memperluas kerjasama dan kemitraan tingkat lokal, nasional, dan asean di bidang komunikasi dan penyiaran islam dalam peningkatan tri darma perguruan tinggi
  • Menambah jumlah kunjungan kerjasama dengan instansi-instansi terkait bidang komunikasi
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas sosialisasi jurusan untuk menarik minat mitra dalam menjalin kerjasama
  • Menyelenggarakan pertamuan-pertemuan ilmiah di tingkat nasional dan internasional